Cara Jitu Mengatasi Laptop Black Screen/Layar Hitam (Windows Explorer Hilang) Setelah Startup

Cara Jitu Mengatasi Laptop Black Screen/Layar Hitam (Windows Explorer Hilang) Setelah Startup

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

Disarankan membacanya sampai habis :D karena caranya ada dibagian bawah 👌

Black screen atau yang biasa disebut dengan layar hitam, ialah sebuah masalah dimana sebuah layar tidak menampilkan apa yang seharusnya ditampilkan, layar akan hitam baik itu laptop, ponsel dan semua layar elektronik. Saya beri contoh kali ini ialah black screen pada laptop ataupun pc, banyak user yang mengalami hal ini yaitu layar laptopnya yang blank, tidak menampilkan menu desktop, mungkin hanya tampil cursor saja atau bahkan tidak tampil sama sekali.

Lalu apa penyebabnya? Menurut Saya pribadi penyebab dari masalah ini ialah tidak pasti, artinya penyebab nya ialah beragam, banyak kasus yang akan menyebabkan black screen ini, dalam konteks software, mungkin terdapat ketidak cocokan atau tidak kompatibel antara sistem dengan aplikasi tersebut, seperti memasang driver display sembarangan yang sebenarnya tidak kompatibel. juga misal seperti memasang game berspesifikasi tinggi di laptop atau pc yang minim, tentu itu semua akan mempengaruhi sistem yang menyebabkan black screen ini. Dalam kasus lain bisa jadi karena virus yang sudah sangat liar.

Kemudian dalam konteks hardware bisa saja penyebabnya ialah vga, ram maupun monitor yang rusak. Jadi Saya bisa menarik sedikit kesimpulan bahwa  layar laptop akan black screen jika memang terjadi erorr atau kesalahan hardware maupun software. Lebih lanjut sebelum kalian ingin mencoba memperbaikinya, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah ini, mungkinkah sebelumnya kalian install software sehingga menyebabkan black screen ataupun kalian yakin bahwa kesalahan ada pada hardware? semua itu harus kalian cek.

Lalu jika black screen karena Software? Bagaimana? Yang harus kalian lakukan jika balck screen karena Software, satu-satunya cara ialah melalui safe mode. Safe mode ialah mode aman dari sebuah sistem, windows akan berjalan dengan hanya file-file penting saja yang akan diaktifkan, jadi tidak semua fungsi aktif.  Setelah kalian masuk ke Safe Mode, yang harus kalian lakukan ialah menghapus aplikasi yang dirasa jadi penyebabnya. Setelah itu coba restart. Jika sudah normal, berarti masalah memang disebabkan software.

Di kasus lain ada kejadian dimana black screen akan ikut ke safe mode, sehingga kalian tidak bisa mengakses desktop safe mode juga, hal ini disebabkan kerusakan fatal sistem operasi, atau juga disebakan virus. Jika sampai seperti itu, tidak bisa masuk safe mode, satu-satunya cara ialah install ulang.

Bagaimana jika karena Hardware? Ini merupakan jalan terakhir dari masalah ini, jika bukan karena software sudah pasti karena hardware. Yang harus kalian lakukan pertama ialah periksa Ram, vga maupun monitor, cek satu persatu sehingga kalian bisa mengetahui penyebabnya. Coba bersihkan kuningan ram memakai penghapus secara perlahan. Jik PC coba cek kabel vganya, pakai kabel vga lain. Jika bisa berarti harus mengganti kabel vga. Jika tidak periksa monitor dengan cara pakai monitor lain, jika bisa berarti monitor harus diganti. Ada kasus yang paling parah ialah motherboard yang memang sudah mati.

Tapi tenang saja, tidak semua black screen sampai separah itu kok, disini Saya akan memberikan bagaimana memperbaiki black screen dengan mudah. Untuk tutorial black screen ini mungkin masih dibilang tidak begitu parah seperti yang Saya alami. Penyebabnya ialah sedikit kesalahan sistem saja kok :D tidak masalah jika kalian ingin mencobanya, siapa tau kasus kalian sama dengan punya Saya. Oh iya untuk kasus Saya sesuai judul diatas, ialah black screen terjadi saat setelah booting atau bisa disebut setelah startup mau masuk desktop, jadi hanya layar hitam dan cursor saja yang tampil, desktopnya tidak.

black screen




Hanya mengingatkan kembali : tidak semua kasus black screen bisa diatasi dengan tutorial yang saya bahas ini, jadi tergantung penyebab dari black screen itu sendiri. Jika cara ini masih belum bisa, silahkan kamu bisa membaca artikel cara lain mengatasi black screen

1. Pertama saat layar hitam, kamu tekan dan tahan secara bersamaan CTRL + ALT + Esc (membuka task manager) atau CTRL + ALT + Del

2. Klik New Task lalu ketikkan regedit kedalam kolomnya dan OK

new task regedit


3. Setelah itu muncul popup klik saja Yes, akan muncul tuh halaman regedit. Klik Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer kemudian hapus pada "ExplorerStartupTraceRecorded" dengan cara klik kanan lalu delete lihat gambar di bawah

regedit

perbesar

4. Lalu tutup, kemudian restart laptop kamu dengan cara tekan kembali CTRL + ALT + Del dan di bawah pojok kiri klik Restart.  Selesaiii ...

Dengan mengikuti tutorial ini dan berhasil, kemungkinan penyebab kasus sama seperti yang saya alami. Jika belum berhasil, mungkin penyebab berbeda, jadi kamu bisa menggunakan system restore, last known good configuration, ataupun startup repair, atau cek penyebabnya terlebih dahulu seperti yang Saya katakan diatas 😎 Semoga berhasil. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.
Sekian terima kasih...
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

Dimohon untuk teman semua, sebelum berkomentar, terlebih dahulu melihat komentar teman-teman yang lain, juga klik fitur load more di bawah komentar untuk melihat komentar-komentar selanjutnya siapa tahu pertanyaan juga sama dan langsung bisa teratasi. Terima kasih (admin)

Your Reactions:

Admin
DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat