• Breaking News

    Quotes : DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat.

    Monday, 27 April 2015

    Ini Dia Perbedaan Sistem Operasi 32 bit dengan 64 bit (Lengkap)

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

    Oke kali ini saya akan menjelaskan apa perbedaan sistem operasi 32-bit dengan 64-bit. Lihat Cara Cepat Cek OS Windows Tipe 32-bit atau 64-bit?



    Pertama saya akan menjelaskan beberapa bagian.

    Apa itu Bit?

    Yap kemampuan cara prosesor menangani sebuah informasi yang tersedia. jumlah bit dalam sebuah prosesor mengacu pada ukuran tipe data yang menangani ukuran registri. Windows 32-bit ialah prosesor yang hanya mampu memproses 32 digit dalam satu waktu, lainnya halnya 64-bit yang sekaligus mampu menjalankan 64 digit.

    Lalu Apa Perbedaan 32-bit dengan 64-bit?

    Sebuah prosesor yang memiliki sistem 64-bit mampu menyimpan 264 nilai komputasi termasuk memori, yang berarti dapat mengakses lebih dari empat miliar kali lebih banyak memori fisik dibandingkan 32 bit.

    Perbedaan utama nya ialah jumlah kalkulasi per detik dalam menyelesaikan tugas-tugas. Selain itu prosesor 32-bit dapat mengakses maksimal 4GB memori yang jika di install akan menjadi kurang lebih 3,2GB. Yang di istilahkan hanya bisa menjalankan tugas tugas dasar. Tetapi jika Anda misal ingin menjalankan 35 tab sekaligus dalam browser ataupun mengedit 30 foto dengan resolusi tinggi sekaligus, prosesor ini masih bisa melahapnya. Sedangkan prosesor 64-bit dapat mengakses 8TB ataupun 16TB RAM wawww pasti ajib ni, tapi tentu saja komputer juga harus hebat dalam segi apapun agar bisa berjalan lancar.

    Jadi secara umum, jika kamu memakai RAM dibawa 4GB, tidak perlu memakai prosesor 64-bit karena tidak akan memumpuni, 32-bit sudah lebih dari cukup.

    (gambar oleh superuser.com)

    Apa Kaitannya Terhadap Aplikasi dan Driver?

    Yap pasti donk, aplikasi yang memiliki kinerja tinggi disarankan menggunakan prosesor 64-bit sehingga akan terasa nyaman dan lancar menyimpan banyak informasi secara langsung, misalnya editing gambar, video, rendering 3D dan lainnya yang dibuka sekaligus. Selain itu Game yang dimainkan dalam prosesor 64-bit ini tentu tidak akan mengalami lag (lemot), pasti berjalan dengan lancar tanpa halangan.

    Dalam sistem 32-bit, tidak akan bisa menjalankan aplikasi atau program 64-bit, sedangkan aplikasi 32-bit tetap akan berjalan lancar tanpa masalah jika dijalankan di prosesor 64-bit ini.

    Untuk Driver ternyata tidak ada hubungannya dengan ini, karena jika kita ingin menginstall driver harus yang cocok dengan masing-masing prosesor.

    Kesimpulannya?

    Kesimpulannya ialah memang versi 64-bit lebih oke menurut saya, dilihat dari segi apapun versi ini lebih mantap. Ternyata di era saat ini, versi 64-bit ini meningkat drastis. Banyak para developer yang sudah menciptakan versi ini. Tapi gunakanlah 32-bit atau 64-bit yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu. karena versi tinggi pasti juga lebih mahal. Jika kamu menggunkan komputer hanya untuk tugas-tugas dasar cukup menggunakan 32-bit saja. Tapi jika kamu menggunakannya lebih dari itu, cara profesionalnya ialah memakai versi 64-bit, Karena sekarang banyak aplikasi maupun game yang memang membutuhkan versi 64-bit.

    Menurut kamu?

    Sekian terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...


    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi