• Breaking News

    Quotes : DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat.

    Saturday, 19 December 2015

    Beberapa Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android (Fix)

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

    Selamat malam sahabat, bagaimana kabar kalian semua? alhamdulillah .....

    Ya Saya kali ini akan memberikan beberapa cara mengatasi bootloop pada ponsel android kalian. Bootloop merupakan masalah yang bisa di bilang cukup serius, dimana sebuah ponsel hanya akan menampilkan logo dari vendor saja saat mulai dihidupkan. Jadi disini ponsel cuma akan hidup mentok di logo saja, tidak bisa masuk sampai ke sistem. Di kasus lain bootloop ini kadang juga sering membuat ponsel restart sendiri, jadi muter-muter hanya di logo setelah itu mati hidup berulang-ulang tanpa bisa masuk ke layar menu.



    Penyebab dari bootloop ini yang saya ketahui bisa dari software maupun hardware. Untuk software, kemungkinan pengguna memasang sebuah aplikasi yang jika kita memakai aplikasi itu kemungkinan tidak support dengan ponsel, misal saja kita memasang sebuah aplikasi yang fungsinya mengubah gambar boot, mengubah font, ataupun mengubah sebuah tampilan ponsel, setelah itu kita diminta restart untuk melihat perubahan, dan ketika itu juga saat direstart mulai muncul bootloop ini, nah disitu berarti aplikasi yang kita pakai tadi tidak cocok.

    Untuk Hardware, ini mungkin bisa dikatakan lebih parah lagi untuk penyebab bootloop ini, kalian pasti tahu hardware merupakan komponen penting dalam sebuah sitem, jika hardware bermasalah pasti akan berdampak buruk pada ponsel. Penyebab dari ini pengguna mungkin melakukan atau mengutak atik ponsel nya, kebanyakan masalah ini akan timbul jika kita selesai root ponsel yang berguna untuk menunjang semua yang tidak bisa menjadi bisa wooo hebat ya, dan selesai di root pengguna biasanya mengutak atik aplikasi bawaan sistem yang berakibat tidak di sengajanya terhapus. Di kasus lain juga, biasanya orang bilang meng"oprek", ini nih yang paling parah, pengguna biasanya akan memodifikasi sebuah sistem yang paling penting di ponsel, misal memodif sebuah script yang memang pengguna tidak menyadari srcipt itu akan berhubungan langsung dengan kernel, ROM, dan lainnya, semua itu tentunya agar bisa memuaskan bagi pengguna.

    Jaid berikut beberapa cara mengatasi bootloop ini...

    Pertama

    Jika kalian tidak tahu jenis bootloop ini parah atau kecil, di coba dulu kalian coba hidupkan ponsel tanpa kartu memori, disini kita melihat apakah masalah pada software yang kita pasang di kartu, kalau bisa hidup tanpa kartu, berarti bermasalah di aplikasi. Solusinya kita hapus aplikasi yang terinstall di kartu melaui laptop atau komputer memakai kabel usb, hapus semua file yang kita curigai sebagai penyebab, biasanya terletak di system --> data dan hidupkan lagi dengan kartu memori. Kalu masih belum bisa coba cabut baterai, kartu memori dan simcard semua nya lalu tunggu sekitar 8-10 menit lalu hidupkan kembali. Jika masih gagal kemungkinan masalah sedikit parah, kita coba langkah kedua.

    Kedua

    Jika cara pertama tidak bisa, saya sarankan kamu memakai fungsi wipe data factory reset dan wipe cache partition. Disini kamu akan menghapus semua aplikasi dan data yang tersimpan di ponsel. Jadi kalian harus sedikit merelakan nya, karena ini tidak akan menghapus data di kartu memori. Caranya nonaktifkan ponsel lalu tekan dan tahan tombol volume atas + tombol power + tombol home secara bersamaan (samsung), Setelah itu kalian pilih wipe data factory reset  menggunakan tombol volume atas dan bawah lalu tekan tombol power. Setelah itu kamu pilih lagi wipe cache partition dan tekan tombol power, setelah itu kita pilih reboot, tunggu sebentar sampai layar muncul. untuk ponsel merk lain kamu juga bisa langsung melalui menu pengaturan.

    Ketiga

    Kalau memang semua cara diatas gagal, cara lain ialah kalian harus flash ulang ponsel, dengan memflash ponsel, tidak hanya untuk bootloop ini tapi semua kerusakan yang masih wajar akan sembuh , karena flash ini akan menjadikan ponsel seperti baru lagi. Jika kalian pengguna samsung coba buka artikel  ini Cara Flashing (Install Ulang) Samsung Galaxy Young GT-S6310 Lengkap dan Terbaru untuk samung S II disini Cara Flashing (Install Ulang) Samsung Galaxy S II I9100 Lengkap dan Terbaru untuk samsung merk lain kalian tinggal sesuaikan saja versi firmwarenya karena caranya semua samsung sama. Untuk ponsel merk lain mungkin kalian bisa melihatnya di google.

    Kesimpulan

    Jadi saya sarankan jangan coba-coba mengutak atik ataupun mengoprek bawaan sistem, karena itu semua itu sudah diciptakan sebagaimana mestinya oleh vendor masing-masing. Boleh saja jika kita ingin mengoprek nya, asalkan sudah ada pendamping yang berpengalaman, tapi jika kalian ingin mencoba sendirinya, lihat situs-situs yang memang mengerti tentang android dan tirulah tutorialnya dengan perlahan dan harus mengerti agar nantinya ponsel kalian tetap aman.

    Cara diatas, setidaknya kalian bisa mencoba memperbaiki ponsel sendiri tanpa harus ke service center, tentunya juga untuk menambah pengalaman. Jika cara diatas masih belum bisa saya sarankan untuk membawanya ke service center untuk penanganan lebih.

    Salam, Annisa

    Sekian terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi