• Breaking News

    Quotes : Lakukanlah apa yang kamu suka dan jadikan itu sebagai pekerjaanmu, lalu fokuslah.

    Sunday, 3 January 2016

    Ini Tingkatan Profesi dalam Dunia IT , Mana yang Ingin Kamu Pilih?

    Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

    IT


    Kita tahu bahwa saat ini teknologi sudah merambat dengan cepat, perkembangannya memang harus kita ikuti. Bahkan mungkin semua yang ada di bumi pasti berkaitan dengan teknologi. Apapun yang kita lakukan pasti membutuhkan teknologi.

    Mungkin bagi sebagian orang menginginkan bekerja dalam dunia IT, meskipun banyak dari profesi IT ini, apapun itu kebanyakan orang ingin memasukinya. Mungkin memang karena bayaran dari pekerjaan atau profesi dalam dunia IT ini yang terbilang fantasits. Banyak dari kita yang sudah masuk dalam dunia ini, mulai dari tingkatan paling rendah sampai yang paling tinggi. Saya dengar meskipun tingkatan paling rendah sekalipun dari profesi IT ini, tentunya bayaran bukan sekecil jagung, tapi bersaing dengan tingakatan paling tinggi pekerjaan lain selain IT. Jadi disini kita akan membandingkan profesi tingakatan dalam IT saja.

    Berikut tingkatan profesi dalam dunia IT versi saya...

    1. System Analyst

    System Analyst  merupakan sebuah profesi di dalam dunia IT yang kerjanya bisa dibilang paling hebat. Seorang System Analyst bertugas sebagai perancang, penguji/menganalisis, peneliti, mengkoordinir sekaligus merekomendasikan sebuah teknologi yang memang sesuai dengan perusahaan. Seorang System Analyst harus mampu merancang solusi yang terbaik buat perusahaan sekaligus menganalisa hasil akhir dari tugas-tugas profesi IT lainnya. Jadi System Analyst juga bisa menguasai jenis sistem operasi, bahasa pemrograman maupun software dan hardware. Jadi profesi ini sudah mencakup sebagian tugas dari profesi IT yang lain. Tidak heran bahwa profesi ini bisa dibilang bayaran tertinggi dalam dunia IT.

    2. Database Administrator (DBA)

    Database Administrator ialah profesi nomor dua menurut saya dari tingakatan teratas. Yak profesi ini bisa dibilang ahlinya database. Kita tahu bahwa database merupakan hal penting dan mutlak bagi sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan pasti menginginkan kemanan terbaik, dan dengan profesi ini semua nya akan di atur dengan mudah. Database Administrator bertugas mendesain, perencanaan, konfigurasi, keamanan, serta backup dan recovery data. Dan peranan terpenting dari profesi ini ialah kemanan yang sudah saya sebutkan tadi. Jadi tidak heran lagi bahwa profesi ini merupakan bayaran dengan gaji tertinggi nomor dua.

    3. Software Engineer

    Software Engineer ialah sebuah profesi yang tugasnya membuat, menguji kesalahan, memelihara sekaligus memanajemen sebuah aplikasi. Profesi ini sudah mampu menguasai apapun itu yang berkaitan dengan aplikasi. Dalam pembuatan sebuah aplikasi, Software Engineer mampu membuat nya dengan efisien dalam penggunaanya dan tentunya tetap mudah dimengerti. Tidak hanya itu seorang Software Engineer harus mampu merawat dan memilihara aplikasi yang dibuatnya sekaligus menciptakan atau melakukan perubahan sesuai perkembangan teknologi. Profesi ini tentunya juga paham berbagai jenis pemrograman.

    4. Network Engineer

    Tugas dari profesi ini ialah semua tentang jaringan. Network Engineer mampu memberikan kemanan jaringan terbaik bagi sebuah perusahaan tentunya untuk kelancaran komunikasi. Tidak hanya itu profesi ini juga memanjemen jaringan, seprti firewall, routing, ip dan memonitor keamanan web. Network Engineer juga mampu mengatasi masalah yang ada pada jaringan.

    5. IT Manager

    Seorang IT manager mampu bertanggung jawab atas sistem komputer sebuah perusahaan. Profesi ini juga mengatur perencanaan penjualan dan pembelian teknologi. Tidak hanya itu IT Manager juga yang mengatur cara kerja dari seorang programmer, IT support dan lainnya. Profesi ini juga mampu bekerja sama dan memberikan rekomendasi dengan perusahaan lain terkait teknologi. Tidak hanya itu seorang IT Manager juga mampu mengevaluasi fungsionalitas sistem untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, profesi ini juga yang menjadwalkan dari semua yang akan dilakukan perusahaan. Dan tentunya IT Manager ini selalu up to date yaitu mengetahui apa yang sedang terjadi dalam teknologi sekarang dan yang akan datang.

    6. IT Support

    IT Support merupakan profesi yang peranannya lebih ke konsultasi teknologi. Seorang IT Support mampu merekomendasikan penggunaan teknologi yang baik dalam bisnis sekaligus bisa menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Profesi ini juga bertanggung jawab untuk memberikan  pelatihan dan pelayanan terbaik bagi demi kepuasan user seperti misal ada keluhan ataupun feedback, seorang IT Support mampu menjawabnya.

    7. Programmer

    Tugas seorang Programmer ialah pembuat sebuah sistem baik itu program sistem, program web, maupun program database. Profesi ini memang terkenal sebagai ke logisan nya. Seorang Programmer mampu berpikir imajinatif, kreatif dalam pembuatan sistem. Seorang programmer mampu memodifikasi sebuah sistem. Dibutuhkan daya tahan tubuh kuat untuk menjadi seorang programmer, karena kebanyakan programmer tidak tidur, bahkan programmer disebut melebihi kalelawar. Kebanyakan hacker, baik hacker white hat maupun black hat adalah programmer. Tapi profesi programmer ialah profesi terendah dari yang saya sebutkan diatas. Memang sekilas kita lihat bahwa seorang programmer merupakan profesi tertinggi dalam IT jika kita lihat dari kerjanya, yaitu keimajinatifan, kekreatifan dan pengelolaan program memang profesi ini adalah terendah dalam dunia IT.

    Baca Juga Ternyata Programmer Lulusan Informatika lebih Handal daripada Programmer Otodidak

    Kesimpulan

    Memang profesi IT sangat menjanjikan untuk kebutuhan kita, tapi itu semua memang tidak mudah kita lakukan, tapi asalkan niat pasti bisa. Dan menurut saya tingkatan tertinggi dari yang saya bahas ialah System Analyst, karena System Analyst merupakan proses akhir dari semua tugas dari profesi lainnya yang akan di analisa dan di uji oleh orang yang bekerja dalam bidang ini. Jadi System Analyst sudah tahu ilmu dari profesi IT lainnya. Lain halnya Programmer, programmer memang jago dalam hal coding, tapi tidak untuk pengkoordinir sebuah perusahaan. Memang jika ingin menjadi seorang programmer kita harus ahli dalam bahasa pemrograman, kreatif, inovatif dan imajinatif, tapi coba kita lihat kembali tingkatan diatas mungkin memang programmer tingkatan paling rendah dalam dunia IT. Saya ingatkan kembali serendah rendahnya tingkatan profesi IT, bayaran tetap bersaing dengan profesi pekerjaan lain yang paling tinggi. Disini hanya pembanding dari profesi yang saya sebutkan diatas.

    Sekian penjelasan tingkatan profesi diatas, jika kamu punya pemikiran lain tentang tingkatan IT diatas, yuk kita share di kolom komentar.

    Sekian terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ...

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi