Reset Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Reset Windows 10 Tanpa Install Ulang dengan Mudah

Mungkin banyak dari pengguna windows 10 yang mengalami berbagai masalah selama mencicipi sistem operasi ini, entah itu lemot, ataupun ada fitur yang tidak berfungsi dengan semestinya. Memang Windows 10 ini masih tidak sempurna sebagai sistem operasi baru, maka dari itu kita harus giat untuk memberikan feedback kepada Microsoft untuk windows 10 kedepannya nanti.

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan sistem operasi ini, bahkan ada sebagian orang yang masih yang enggan untuk mengupgrade sistem nya ke windows 10 ini yang katanya merupakan sistem operasi ter aman saat ini.


Mengenai hal ini, banyak nya masalah yang ditimbulkan sistem operasi ini tidak mutlak karena OS ini baru ataupun karena banyak nya bug-bug yang ada, tapi beberapa penyebab tidak berjalan nya sistem operasi ini sebagaimana mestinya ialah tidak sempurnanya saat kamu mengupgrade sistem kamu. Misal koneksi internet kamu yang lambat dan kamu paksa untuk mengupgrade, hal ini tidak menutup kemungkinan ini salah satu penyebab windows 10 kamu tidak berjalan dengan baik, dan masih banyak hal lainnya.

Saya pun pernah mengalami kasus dimana beberapa fungsi dari windows 10 ini tidak smooth atau lamanya respon saat saya klik. Saya sempat berpikir, apa karena OS ini masih baru, yang pasti masih memiliki bug di dalamnya? Sehingga saya sempat ingin menginstall ulang laptop saya, dengan asumsi bahwa windows akan normal dan berjalan dengan baik. Tapi disini saya tidak keburu dulu untuk install ulang laptop saya, karena saya sempat baca di forum forum sana bahwa di windows 10 ada fitur reset sistem tanpa install ulang. Disitu saya langsung mereset laptop saya, tanpa harus buat bootable iso dan booting yang memakan waktu itu.

Fitur reset yang ada di windows 10 ini, memang sedikit sama seperti kita install ulang seperti biasa, aplikasi yang kamu install akan hilang juga dan yang membedakan nya ialah kamu tidak usah lagi membuat bootable iso yang harus masuk booting. Dengan fungsi reset ini kamu bisa langsung memulihkan sistem kamu seperti install ulang. Malah ada kelebihan dari reset ini, yaitu aplikasi yang terinstall di sistem C memang akan hilang juga tapi setelah reset ini, nantinya kamu akan melihat windows old lagi yang isinya berbagai macam aplikasi yang sebelum laptop kamu di reset. Windows old ini berguna jika kamu ingin mengmbalikan sistem kamu ke seblumnya lagi. Tapi menurut saya tidak begitu perlu, kamu mereset windows 10 kamu karena windows kamu tidak berjalan dengan baik.? jadi tidak mungkin lah untuk kembali lagi ke sistem sebelumnya.

Nah berikut saya akan berikan tutorial cara reset windows 10.

Catatan :  Meskipun laptop windows 10 kamu sudah berjalan baik, tidak ada masalah, tapi fitur ini juga dapat digunakan untuk membersihkan atau menyempurnakan upgrade windows kamu. Dan jangan lupa Backup data penting kamu jika kamu menyimpannya di sistem C, pindah ke drive lain.

1. Klik Start pilih Settings

settings reset windows 10


2. Pilih Update & Security

update & security windows 10
3. Pilih Recovery lalu pada Reset this PC klik Get started

recovery reset windows 10
4. Pilih Keep my files

keep my files
5. Klik Next disini kamu akan melihat aplikasi apa saja yang akan terhapus.

apps removed after reset

6. Disini kamu akan melihat tentang fungsi reset ini, klik Reset untuk memulai reset windows 10 kamu

reset ready

7. Biarkan laptop kamu restart dengan sendirinya, proses reset akan dimulai setelah booting kembali, tunggu saja nanti akan muncul seperti ini seperti pertama kamu upgrade windows. tunggu sampai selesai

installing new windows 10 after reset

reset finish

update pc after reset

preparing files after reset

new features after reset

Selesai, windows kamu sudah kembali seperti semula tanpa harus install ulang.

Dengan reset windows ini, insyaAllah masalah yang sebelumnya ada kini akan berjalan dengan baik. Windows kamu akan kembali seperti pertama upgrade windows 10. Dan setidaknya meskipun kamu tidak mengalami masalah pada windows 10, dengan reset ini windows kamu akan lebih bersih lagi. Untuk selanjutnya kamu tinggal install kembali aplikasi yang dibutuhkan.

Satu lagi, saya sarankan untuk kalian segera upgrade sistem kamu ke windows 10 ini, karena rumor-rumor tidak baik mengenai windows 10 semua itu tidak benar. Windows 10 adalah OS paling smooth menurut saya, fitur-fitur canggih seperti cortana, xbox dan masih banyak lagi. Disarankan juga untuk kamu terus ikut mengembangkan windows agar lebih baik lagi dengan cara kirim feedback pada Microsoft ketika ada yang dirasa ganjal dalam windows ini.

Oh iya, cara reset dengan memilih keep my files ini tidak akan menghapus data pribadi di C seperti folder documents, download dan lainnya. Yang akan terhapus hanya aplikasi dan driver pihak ketiga saja, juga setingan akan kembali seperti semula seperti install ulang. Jadi jangan khawatir akan kehilangan data di documents, downloads dan folder lainnya. Jika memang kalian ingin menghapus juga data documents, download dan lainnya, kalian pilih yang remove everything dan pilih hanya di C saja, untuk D dan E jangan. untuk lebih lanjut kalian bisa berkomentar atau langsung menghubungi Saya via email sebelum menerapkan reset jika ingin dengan metode remove everything.

Sekian tutorial mengenai reset windows 10 ini, semoga bermanfaat buat kalian semua. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.

Your Reactions:

Admin
DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat