• Breaking News

    Quotes : DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat.

    Wednesday, 24 August 2016

    Ini Bahaya Menutup Laptop Dalam Keadaan Masih Hidup!

    laptop


    Masih banyak dari pengguna laptop yang belum mengetahui akan dampak dari menutup laptop dalam keadaan hidup. Menutup laptop dalam keadaan hidup memang benar akan mempernyaman tugas-tugas kita, dimana dengan menutup langsung tanpa shutdown proses yang sebelumnya kita ingin tinggal dulu akan tetap aktif, seperti saat kita sedang mengerjakan tugas di word namun diselang waktu kamu ingin sejenak istirahat, nah disitu kamu bisa langsung menutup laptop tanpa shutdown, tentunya agar tugas yang kamu kerjakan tetap aktif jika sewaktu kamu ingin melanjutkannya kembali.

    Laptop memang dirancang khusus "buka tutup" dalam artian kamu bisa dengan enak langsung bisa menutup laptop dalam keadaan hidup tanpa harus kehilangan pekerjaan yang sedang kamu lakukan, karena sebenarnya dengan menutup langsung, secara default sistem akan berubah ke mode sleep. Mode sleep merupakan mode dimana layar dan harddisk akan dimatikan secara otomatis, tapi dalam mode sleep ini RAM akan tetap hidup, nah disitu tuh proses pekerjaan sebelumnya disimpan.

    Lalu apa bahaya menutup laptop langsung?

    Dampak nya ialah jika kamu sering melakukan kasus ini, bahkan banyak pengguna yang menutup laptop langsung dengan alasan yang tidak benar, seperti menutup laptop karena malas untuk shutdown. Hal ini tentu akan berdampak buruk terhadap komponen, yang pertama LCD, akan berdampak buruk saat kamu menutup nya saat laptop panas atau sudah beberapa jam dipakai. Kok bisa? Karena suhu komponen terlalu panas, tentu panas tersebut bukan tidak mungkin akan menalar mengenai komponen lcd, yang akan membuat lcd cepat rusak. Yang kedua ialah baterai, seperti yang Saya jelaskan tadi bahwa mode sleep ini tidak benar-benar membuat laptop mati, RAM masih berjalan sebagai tugasnya yaitu menyimpan proses sementara. Disini berarti baterai akan tetap berjalan, meskipun lebih hemat, tapi JIKA pengguna melakukan kasus ini berulang-ulang bukan tidak mungkin juga baterai akan cepat boros bahkan drop. Dampak yang ketiga adalah kemnugkinan-kemungkinan lainnya, seperti harddisk dan lainnya.

    Bagaimana mengantisipasinya? 

    Sebenarnya kasus ini tidak lah terlalu bahaya jika kalian tidak melakukannya berulang2, sesekali boleh lah jika dirasa penting saja. Yang jadi masalah ialah dari pengguna itu sendiri, kebanyakan user menutup langsung laptop karena malas untuk men shutdown laptop nya, dikit dikit tutup, padahal tidak ada yang perlu dilanjutkan kembali proses pekerjaan nya. Apalagi mahasiswa nih yang sering seperti kasus ini dan langsung memasukkan nya ke tas, itu lebih berisiko karena jika terjadi guncangan atau terkena benturan malah akan beresiko komponen rusak. Mode sleep (menutup laptop) ini sebaiknya kamu lakukan jika kalian akan menunda proses pekerjaan hanya sebentar saja, seperti mungkin kamu hanya ingin mandi, sholat atau makan, barulah memakai fungsi sleep. Sedangkan jika kalian ingin tidur misalnya, lebih baik simpan semua proses pekerjaan kamu sebelumnya lalu shutdown saja laptop kamu, kemdian lanjutkan kembali.

    Mematikan laptop secara total bukanlah hal sulit, kalian tinggal  klik Start lalu Shutdown, atau bisa dengan kombinasi tombol Fn+f4 lalu pilh shutdown. Jika kalian menerapkan itu, tentu keuntungan juga akan kalian dapatkan sendiri, yaitu laptop kamu lebih awet. Bagaimana? masih ingin sering langsung menutup laptop?

    Sekian.

    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi