• Breaking News

    Quotes : DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat.

    Thursday, 20 October 2016

    Cara Flashing/Install Ulang Samsung Ace Plus GT-S7500 dengan Mudah

    Lagi lagi masih mengenai flashing, disini Saya akan membuat tutorial kembali bagaimana cara flashing Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500 dengan benar dan mudah tentunya, cara ini sebenarnya sama lah dengan tutorial tutorial flashing sebelumnya, hanya saja tutorial kali ini Saya buat lebih mudah daripada sebelumnya, kalian tidak perlu lagi install driver kies karena setelah Saya tes, meskipun laptop tidak terinstall kies, nyatanya sebuah driver dari usb samsung ini sudah otomatis terdeteksi saat kita mencolokkan kabel data. Mengingat tutorial flashing sebelumnya, ada aplikasi kies yang harus di install untuk driver kabel datanya agar terdeteksi laptop yaitu kies, namun semua itu ternyata sudah tidak diperlukan lagi, benarkah? Yap benar sekali, asalkan kalian tes dulu ponsel ke laptop menggunakan kabel data, jika terdeteksi maka kies ini tidak diperlukan lagi, kalo memang ponsel tidak terdeteksi kalian harus tetap install kies. Tapi rata-rata sudah otomatis kok tanpa kies udah bisa terkoneksi, iyakan?

    Oke sedikit Saya ingatkan kembali mengenai flash ini, kenapa ponsel harus di flash? Jika suatu keadaan terjadi dimana ponsel sudah dalam kondisi cukup parah, seperti bootloop, sering hang,  dan restart-restart sendiri. Sebelum memflash alangkah baiknya kamu hard reset terlebih dahulu, jika setelah hard reset ponsel normal, maka flashing ini tidak perlu kalian lakukan, sebaliknya jika setelah hard reset ponsel masih tidak normal, flashing adalah jalan terbaik.

    Sebenarnya flashing di Samsung Ace Plus ini agak berbeda dari pada yang lain, proses flashing pada ponsel ini tidak akan menghapus aplikasi yang terinstall sebelumnya, jadi porses flashing ponsel ini hanya mengembalikan akar sistem nya saja ke seperti semula. Jadi kalian tidak usah khawatir lagi akan aplikasi yang sudah terinstall, jadi tidak repot-repot install aplikasi satu-satu lagi karena aplikasi tidak akan hilang. Let's do it ....

    Untuk kemanan saja, kalian backup data data penting seperti gambar, video, dan file lainya.

    Persiapan dan Bahan

    Odin v.3.07, disini
    Firmware Samsung Galaxy Ace Plus GT-S7500, disini
    Kabel Data & Komputer Laptop

    Langkah-langkah

    1. Pertama untuk memudahkan saja, kalian buat sebuah folder dengan nama "Flash", kemudian pindah Odin dengan Firmware nya ke dalam satu folder sama yaitu folder "Flash" tadi.

    2. Ekstrak Odin dan Firmware nya di folder tersebut, dengan cara klik kanan Odin, lalu Extract here, lakukan hal sama pada firmwarenya. Sehingga file odin dan firmware sudah ter ekstark di folder tadi

    extract


    Sehingga akan terbentuk folder hasil ekstrak seperti ini

    extract finish


    3. Selanjutnya matikan ponsel, setelah benar-benar mati, tekan dan tahan tombol Power + Home + Volume bawah secara bersamaan, ingat : secara bersamaan sampai muncul peringatan, tekan saja volume atas untuk next. Setelah itu ponsel akan masuk ke menu Odin, seperti ini

    odin mode

    4. Selanjutnya hubungkan ponsel ke laptop dengan kabel data. Lalu buka folder odin dan jalankan aplikasi odinnya, setelah aplikasi odin terbuka, pastikan bahwa di bagian ID:COM sudah tertera angka, itu berarti ponsel sudah terhubung.

    odin  connected

    5. Selanjutnya, kalian centang pada bagian auto reboot dan f. reset time saja, kemudian klik PDA, dan cari file firmware yang sudah di ekstrak tadi, file firmware berbentuk .tar.md5, perhatikan gambar dibawah

    odin configuration

    Keterangan : ID:COM terdapat angka bahwa ponsel sudah terhubung, Auto Reboot dan F. Reset Time yang Saya beri panah No. 1 dan 2 yang wajib di centang, PDA panah No. 3 adalah file firmwarenya. Dan dibagian Message itu adalah status progress nya.

    5. Jika sudah mengikuti seperti diatas, saat nya memulai proses flashing, klik Start proses flash akan berlangsung

    start odin for flashing

    Kalian tunggu saja progress flashing nya sampai selesai, berikut tampilan odin dan ponsel saat proses flashing berlangsung

    progreess flash
    Di Odin
    progreess flash on mobile
    Di Ponsel Ace Plus GT-S7500
    Tunggu sampai proses selesai ditandai dengan Pass! warna hijau dan di bagian Message tertulis All threads completed. (succed 1 / failed 0). Ingat: jangn mencabut kabel data sebelum ada tanda hijau seperti dibawah, meskipun ponsel sudah reboot dan berhasil masuk layar, kalau belum ada tanda Pass! hijau jangan dicabut.

    flash finish

    Akhirnya selesai deh flashing Ace Plus GT-S7500 dengan sempurna, kalian tidak perlu lagi install aplikasi satu-satu karena aplikasi tetap ada tidak akan kehapus.

    Catatan: dikasus lain, ada beberapa aplikasi yang menyebabkan misalnya bootloop , jadi karena dengan flash ini aplikasi tidak hilang, disarankan jika kalian masih stuck di logo, lakukanlah factory reset agar flashing ini lebih sempurna. Tapi jika sudah normal tidak perlu factory reset.

    Sekian terima kasih.
    Salam, Annisa 

    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi