• Breaking News

    Quotes : Lakukanlah apa yang kamu suka dan jadikan itu sebagai pekerjaanmu, lalu fokuslah.

    Sunday, 9 October 2016

    Cara Jitu Atasi "Windows Script Host access is disabled on this machine." Update!

    Assalamu'alaikum, halo kawan? apa kabar? alhamdulillah....

    Oke kali ini Saya akan memberikan tutorial jitu mengenai masalah pc atau laptop, yaitu bagimana mengatasi "Windows Script Host acces is disabled on this machine. Contact your administrator for details". Mungkin kamu pernah melihat peringatan pop up seperti itu, baguslah kalian tepat mengunjungi artikel ini.

    windows script host


    Masalah ini biasanya akan muncul saat laptop baru dihidupkan, dan kemudian ketika di close akan tetap muncul kembali. Lalu apa penyebabnya? Ternyata menurut pernyataan disitus Micorsoft, peringatan ini muncul karena user mencoba untuk menjalankan script dari sebuah file batch ataupun menggunakan script seperti cscript.exe c:\scripts\myscript.vbs.

    Tapi faktanya pengguna tidak menjalankan script script seperti itu, lantas siapa? Ternyata beberapa aplikasi lah yang mencoba menjalankan script script tersebut. seperti VB atau sejenisnya. Nah disini kita bisa memakai fitur yang ada pada Smadav. Smadav memang secara default sudah mempunyai fitur untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Script Host (WSH), tapi secara defaultnya d beberapa kemungkinan juga smadav menonaktifkan WSH ini, jadi kita harus mengaktifkan nya kembali. Sebenarnya Smadav mematikan fungsi WSH ini karena dilain kasus pengguna memang tidak ingin aplikasi-aplikasi menjalankan script dengan sendirinya yang akan lebih mengganggu.

    Jadi saat user ataupun ada aplikasi yang mencoba menjalankan sebuah script, sedangkan Smadav menonaktifkan fitur WSH ini, nah disitulah peringatan itu muncul bahwa sistem tidak bisa menjalankan script tersebut, dan karena Smadav yang menonaktifkannya. Nah untuk mengatasinya kamu hanya perlu mengaktifkan WSH ini melalui Smadav, karena lebih mudah. So, ... lets do it

    1. Pertama kamu klik kanan  icon smadav di sistem tray pojok kanan bawah.

    smadav icon

    2. Setelah kanan, lalu klik yang "Allow Windows Script & Macro (Forever)". Setelah itu akan muncul peringatan, klik saja Ok.

    allow windows script host




    windows script host allowed


    Selesai. Sekarang WSH sudah aktif kembali, kamu bisa sesuka hati ingin menonaktifkan atau mengaktifkan kembali melalui Smadav jos. Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar. terima kasih.
    Catatan : jika di laptop atau pc kau tidak ada smadav nya, kamu bisa mengaktfikan melalui regedit. Buka regedit, pergi ke HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows Script Host\Settings kemudian pada Enabled klik dua kali, lalu isikan angka 1. Jika kesulitan silahkan kontak saya, agar nanti saya kirim screenshot melalui email, karena lebih jelas.

    Salam,

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi