Cara Mudah Simpan Offline Halaman Web dengan 2 Metode Singkat

Cara Mudah Simpan Offline Halaman Web dengan 2 Metode Singkat

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

Wah rasanya kangen banget sama teman-teman semua, Sudah lama saya ngga update artikel nih, dikarenakan bulan ini Saya masih sibuk magang loh, doakan ya semoga lancar. Apalagi masih harus ngasih produk gitu buat instansi tempat magang saya, kebetulan instansi tersebut lagi butuh website katanya, waduh kan tambah sibuk lagi yah :D Jadi disamping magang saya sibuk merancang website instansi tersebut, jadi saya harus kerja ekstra lagi. Tapi ngga apa-apa lah tetap semangat supaya cepet2 lulus 😝💪 Kok jadi curhat sih ... Udahlah karena rasa kangen inipun dalam banget buat teman-teman setia blog ini, jadi inipun saya sempatin buat nulis artikel.  Oke kita kembali ke topik saja biar cepet selesai. Done curhatnya!

Kali ini Saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menyimpan web sebagai offline, jadi agar nantinya halaman tersebut bisa dibaca meskipun tidak terhubung dengan internet. Banyak orang yang ingin menyimpan halaman web saat dia kunjungi dengan harapan bisa dibaca secara offline atau tidak terhubung internet, apalagi mahasiswa nih ya :D Ada kalanya memang mungkin kalian ingin membacanya dilain waktu, entah karena sibuk saat itu jadi tidak punya banyak waktu saat itu, ataupun kalian hanya ingin menyimpan sebagai dokumen koleksi di laptop saja sebagai referensi nantinya.

Nah biasanya yang dilakukan kebanyakan orang itu pasti mem boorkmark halaman nya, memang iya bisa disimpan dengan fitur boorkmark bawaan browsernya, tapi fitur boorkmark tersebut nantinya harus terkoneksi dengan internet lagi kalau ingin dibaca kembali, kalo ada internet sih tidak masalah, tapi bagaimana kalo tidak ada? jadi sebaiknya Saya saranin buat kalian simpan saja halaman web tersebut secara offline, agar nanti bisa dibaca kembali tanpa terhubung internet.

Disini Saya akan memberikan 2 metode berbeda untuk menyimpan halaman secara offline, yang pertama ialah melalui save page bawaan browser dan yang kedua ialah menggunakan add on ScrapBook untuk Firefox dan add on PageArchiver untuk chrome.

Metode 1 : fitur save page bawaan browser
  • Browser Mozilla Firefox
Klik kanan pada halaman web yang saat itu kalian kunjungi, kemudian pilih Save page atau jika Mozilla kalian berbahasa Indonesia yaitu pilih Simpan laman dengan nama... atau kalian bisa langsung tekan tombol Ctrl + S untuk cara cepatnya, kemudian akan muncul pop up penyimpanannya, nah disitu kalian bisa menyimpan seluruh halaman secara full atau menyimpan halaman htmlnya saja. Saran saya menyimpan dengan format html saja sudah cukup, jadi kalian ubah pada bagian Save as type : pilih Laman Web, Html saja, jika bingung lihat gambar dibawah

save offline
Selanjutnya klik Save, dan kalian lihat dan buka halaman yang sudah tersimpan.
web offline saved
  • Browser Google Chrome 
Untuk Google Chrome caranya ternyata sama, kalian tinggal klik kanan lalu pilih Save as lalu ikuti ke tahap selanjutnya seperti browser Mozilla Firefox.

Metode 2 : Menggunakan aplikasi ScrapBook
  • ScrapBook for Mozilla Firefox
Metode yang kedua ini ialah dengan memasang add on untuk firefox yaitu ScrapBook, aplikasi ini berfungsi menyimpan halaman web untuk nantinya bisa dibaca secara offline.

1. Pertama download add on nya https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/scrapbook/
2. Setelah terbuka halaman add on nya, klik saja Add to Firefox lalu tunggu proses download akan berjalan, sebentar kok
add on scrapbook
scrapbook
3. Setelah itu klik Install, setelah selesai klik Mulai ulang sekarang

restart firefox
restart scrapbook
4. Selanjutnya Firefox akan memulai atau merestart. Setelah terbuka lagi, silahkan kalian tes ScrapBooknya, dengan cara klik kanan lalu pilih Save page -- Root folder atau juga bisa dengan Save page as
save page with scrapbook
5. Setelah itu akan muncul seperti dibawah, yang artinya penyimpanan berhasil seperti dibawah
saved scrapbook done
6. Selanjutnya jika kalian ingin melihat hasilnya, silahkan tekan tombol Alt pada keyboard untuk menampilkan menu ScrapBooknya. Disana sudah terdapat halaman-halaman yang sudah disimpan.
saved web with scrapbook
Selesai, Meskipun memang sedikit lama, karena harus install add on dulu (hanya satu kali install kok) tapi kelebihan memakai ScapBook ini ialah kalian bisa langsung cek file nya langsung di menu Firefox nya.
  • PageArchiver for Chrome
Coming Soon..... untuk tutorial PageArchiver for chrome menyusul yah, sementara kalian boleh pakai metode pertama diatas saja.

Bagaimana mudah bukan cara menyimpan halaman web yang nantinya bisa dibaca offline, kalian tinggal pilih kedua metode diatas, yang kalian rasa paling mudah silahkan diterapkan, intinya sama kok fungsinya.
Sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi jika laptop atau komputer kalian tidak terhubung dengan internet, kalian akan tetap bisa membaca halaman dengan sempurna.

Your Reactions:

Admin
DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat