• Breaking News

    Untuk sementara, jika ada pertanyaan silahkan lewat WA saja biar bisa cepat Saya balas di No 082337163734 karena saat ini memang jarang online karena sedikit sibuk :) jika ada pertanyaan ditujukan buat Mbak Annisa mengenai android silahkan lewat email di yikpang22@gmail.com atau bisa langsung berkomentar asalkan dia ngga sibuk :D hehe

    Sunday, 2 April 2017

    Cara Terbaru Flash Oppo R831k (Neo 3) dengan Mudah Tanpa PC

    Kali ini Annisa akan memberikan tutorial bagaimana cara flash oppo dengan mudah sekali dan tentunya tanpa pc yang sedikit ribet. Tutorial ini mungkin banyak bertebaran di internet entah itu langsung flash dari ponsel nya langsung, ada juga yang mengharuskan pakai pc atau laptop. Sebenarnya sama, hanya saja cuma beda metode, kalian tetap sama memasukkan OS atau firmware nya ke dalam ponsel, nah banyak opini orang bilang jika melalui pc diklaim lebih sempurna proses flashnya, apakah benar? Yuk kita bahas sedikit mengenai ini...


    Ingat yah ini hanya untuk kasus smartphone oppo saja.

    Saya katakan BENAR, tapi itu dulu kenapa? Ya karena faktanya rata-rata smartphone memang saat ini flash nya via pc, dan juga oppo dulu memang menyediakan file firmware nya untuk bisa digunakan memflash via pc atau via ponselnya langsung, disitu ada komponen yang memang diperuntukkan untuk pc juga bisa untuk ponselnya langsung.

    Saya katakan TIDAK, kenapa? Juga faktanya, saat ini untuk firmware terbaru oppo, sepertinya memang mengaharuskan flash via ponsel nya langsung. Di dalam firmware terbaru oppo, nampaknya beberapa file firmware sekarang sudah tidak bisa kita flash via pc, entah kenapa pihak oppo mengubah metode tersebut, mungkin agar lebih gampang aja kali yah langsung flash via ponsel. Karena jika melalui pc memang sedikit ribet dan butuh beberapa pengaturan yang tidak boleh salah, jika setingan salah bisa berakibat fatal untuk ponsel itu sendiri, juga banyak pengguna yang mengeluhkan karena pengaturan yang ribet sehingga gagal flash hanya stuck di logo.

    Jika ingin mencobanya via pc, coba silahkan kalian coba saja pasti tidak akan bisa, karena firmware terbaru oppo sudah berubah komponennya. dowload firmware terbarunya disini http://www.oppo.com/id/downloads/ tapi jika kalian menggunakan firmware lama yang didapat dari situs lain, metode via pc akan tetap bisa kalian terapkan.

    Menurut pendapat Saya sendiri memang lebih disarankan flash via ponsel langsung, karena ini dijamin aman, tinggal memasukkan firmware yang berekstensi .zip nya ke memori dan flash selesai. beda halnya jika memflash via pc, disana kamu masih diharuskan menyeting dengan penuh kehati-hatian, jika salah tentu akan fatal, juga bagaimana jika kabel penghubung antara ponsel dengan pc nya longgar lalu tersentuh saat proses flash berjalan? tentu itu akan menjadi resiko yang lebih besar.

    Jadi disini Saya hanya mengikuti firmware terbaru oppo (bukan firmware lama) untuk flash hanya via ponsel nya langsung, jadi yuk kita terapkan sama-sama :D Oh iya flash ini harus kalian lakukan jika ponsel bootloop atau hang parah yang tidak bisa diatasi hanya dengan factory reset saja.

    1. Pertama, download firmware Oppo terbaru http://www.oppo.com/id/downloads/ kemudian sediakan kartu memori, lalu salin firmware hasil download tadi ke dalam kartu memorinya.

    2. Pastikan ponsel dalam keadaan mati, tekan tombol power + volume bawah secara bersamaan sampai muncul tulisan recovery mode di samping bawah kiri. Setelah itu pilih English untuk merubah bahasa ke bahasa inggris, lihat seperti gambar dibawah. Oh iya untuk menggulir pake tombol volume atas atau bawah dan untuk memilih tekan power.

    3. Langkah pertama sebelum memflash, kalian bersihkan dulu ponsel dengan fitur wipe data and cache. ini akan mengahapus semua data yang ada, jadi agar lebih sempurna gitu :D Jadi pilih Wipe data and cache seperti gambar dibawah.

    4. Lalu pilih lagi wipe data and cache seperti ini

    5. Akan muncul peringatan untuk penghapusan, pilih Yes

    6. Lalu tunggu sampai proses selesai sampai muncul peringatan sukses, pilih Yes seperti gambar dibawah

    7. Selanjutnya kalian akan diarahkan kembali ke halaman awal, langsung saja untuk proses flash nya, pilih Install form sd

    8. Lalu pilih lagi From SD seperti gambar dibawah

    9. Nah selanjutnya pilih file firmware nya yang sudah kalian download tadi yang berformat .zip

    10. Akan mencul pop up persetujuan disitu, bahwa proses ini tidak bisa dikembalikan setelah memilih Yes, dan No untuk membatalkan. Langsung saja pilih Yes untuk melanjutkan proses flashing

    11. Proses flashing akan berjalan, tunggu saja sampai selesai. nggak lama kok sekitar 5 menit saja :D

    12. Setelah proses selesai, akan muncul pop up bahwa flashing selesai. selanjutnya pilih Reboot untuk memulai ponsel

    13. Nah selanjutnya kalian seting seperti awal pertama beli ponsel ini, lihat gambar dibawah

    Dan selesai, proses flashing sudah berhasil dengan sempurna. Seperti itu cara mudah flashing oppo langsung dengan ponsel tanpa pc atau laptop yang sedikit ribet, dan tentunya aman. Jika dibandingkan via laptop atau pc pengguna banyak yang mengeluhkan ponselnya tidak bisa booting dengan sempurna, hanya logo oppo saja nggak mau masuk layar, bahkan dikasus lain logo oppo tidak muncul hanya getar saja. Jadi dengan metode via ponsel ini kalian tidak perlu takut terjadi hal seperti itu lagi. Oh iya cara ini tidak hanya untuk Oppo R831k (Neo 3) saja, kalian juga bisa menerapkan disemua merk Oppo.

    Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat buat kalian semua :D Jika ada pertanyaan silahkan berkomentar 👩

    Salam, Annisa

    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi