• Breaking News

    Thursday, 4 May 2017

    Cara Terbaru Flash Samsung Galaxy Grand Prime SM-G531H Indonesia

    Samsung Grand Prime
    Halo teman apa kabar, lama tidak jumpa jadi kangen banget nih untuk sobat setia Saya :) Saya juga mohon maaf memang beberapa hari ini jarang sekali update artikel mengenai android lagi, karena kesibukan yang bisa dibilang padat lah di dunia nyata 😊 sibuk di dunia maya memang hobi Saya, apalagi menulis tutorial , tapi nggak bisa meninggalkan dunia nyata Saya juga kan? hehehe.

    Kali ini Saya akan memberikan tutorial mengenai flash lagi nih, karena kebetulan teman Saya baru pulang dari arab dari sekian tahun lamanya, kemarin smartphone nya minta di flash ulang karena tidak terdapat bahasa indonesianya, iya karena ponsel teman Saya itu belinya di Arab :) Jadi tentu firmware nya juga pasti arab, tidak ada bahasa indonesia. Pertama memang bingung dia, kenapa pas di seting itu tidak ada bahasa indonesianya, yang ada hanya arab, english, dan bahasa lainnya. Tentu Saya langsung berpikir karena ponselnya beli di Arab dan firmwarenya pasti arab juga. Jadi benar disitulah penyebabnya, langsung deh tanpa Saya cek sana sini lagi, ini pasti harus di flash ke firmware indonesia.

    Kebetulan ponsel teman Saya ini Samsung Galaxy Grand Prime, jadi bagi teman semua jika ada yang ingin memflash ponsel nya juga tepat sekali kalian membaca artikel ini. Flash ini juga akan memperbaiki semua masalah yang ada pada ponsel, tapi masalah software saja yah seperti stuck, hang, lemot dan sebagainya kecuali hardware, karena jika sudah rusak di hardware meski di flash tidak akan menyelesaikan masalah, harus kalian bawa ke service center untuk penanganan lebih lanjut. Oke simak baik-baik, tutorial ini sangat mudah untuk dipraktekkan.

    Persiapan & Bahan
    1. Smartpohone Galaxy Grand Prime SM-G351H
    2. Kabel Data
    3. Laptop atau Komputer
    4. Firmware Bahasa Indonesia download disini, pilih yang Region XSE.
    5. Odin versi terbaru 3.12.3, download disini
    6. Samsung usb driver, download disini
    Setelah semua persiapan dan bahan sudah lengkap, saat nya untuk kalian praktekkan : Oh iya jangan lupa backup semua data penting kamu.

    1. Pertama jika masalah ponsel kalian tidak seberapa, dalam artian masih bisa masuk menu, silahkan terlebih dahulu menghapus akun google yang ada. Karena ini untuk menghindari FRP google nantinya, karena saat flash selesai dan kalau frp masih aktif kalian tidak akan bisa memasukkan akun google baru, harus dengan akun yang lama. (ini tidak berlaku jika kalian nantinya setelah selesai flash dan tetap akan menggunakan email lama. jadi ini berguna jika akan mengunakan akun  google baru karena email lama yang lupa password.)

    Factory Reset Protection (FRP) adalah fitur baru untuk melindungi perangkat Samsung yang menggunakan OS Android 5.1 atau lebih tinggi. Fitur keamanan ini memungkinkan menyiapkan perangkat untuk mencegah pengguna yang tidak sah mengakses atau menggunakannya. Misalnya, jika perangkat hilang, dicuri dan FRP diaktifkan, pengguna hanya akan dapat memperoleh kembali akses dengan masuk menggunakan Akun Google yang terdaftar terakhir.

    2.  Ekstrak semua file hasil downloadnya, yaitu firmware, odin dan usb drivernya, ekstrak saja ke dalam folder yang sama, selanjutnya matikan ponsel kalian lalu tekan dan tahan tombol Power + Volume bawah + Tombol Home untuk masuk ke download mode odin. Jika ada peringatan tekan saja volume atas untuk melanjutkan, seperti gambar dibawah
    custom os

    Ponsel akan masuk ke download mode odinnya, seperti gambar dibawah, lalu hubungkan ponsel dengan laptop menggunakan kabel datanya.
    download mode odin

    3. Buka Odin3.exe nya, kemudian setelah terbuka pastikan dibagian tab log, sudah ada added!!! itu menandakan bahwa ponsel sudah terhubung, perhatikan gambar dibawah
    odin3

    4. Setelah terhubung, pastikan di bagian tab Options, centang di bagian Auto Reboot dan F.Reset Time nya, lalu  klik dibagian AP untuk memasukkan firmwarenya, cari file firmware yang sudah di ekstrak tadi. Firmware berformat .tar.md5 lihat gambar dibawah. Setelah pengaturan sudah selesai semua, langkah selanjutnya klik Start, untuk memulai proses flash.
    odin setting

    5. Tunggu sampai proses flashing selesai, Sukses ditandai dengan PASS hijau. Nggak lama, sekitar 1-2 menitan kok :)
    flash processing
    Saat proses flash berlangsung di odinnya
    processing
    Saat proses flash berlangsung di ponsel
    flash finishing
    Proses flash selesai dengan tanda PASS!
    6. Selanjutnya biarkan ponsel restart dengan sendirinya sampai masuk layar. Proses flash selesai.

    Catatan : Dengan flash ini smartphone kalian akan bersih seperti baru pertama beli, tapi dilain kasus meskipun flash selesai semua aplikasi akan tetap ada, seolah-olah sama seperti sebelum flash, tapi jangan khawatir meskipun seperti itu, bukan berarti flash gagal, flash tetap sukses hanya saja akar sistem nya saja yang tereplace. Jadi jika kalian was-was dan ingin proses flash ini sempurna, lakukanlah factory/hard reset. Dengan begitu, semua aplikasi dan data akan terhapus, dan akan benar-benar bersih.

    Satu lagi untuk kasus frp, buat kalian yang nantinya lupa menghapus akun google seperti yang Saya jelaskan diatas tadi, sehingga setelah flash juga hard reset masih muncul FRP nya, unutk sementara silahkan kalian search di google untuk atasi frp ini, karena memang belum Saya buatkan artikelnya, atau silahkan hubungi Saya via email untuk penjelasan dan pemecahannya lebih lanjut. Sekian terima kasih, semoga bermanfaat.

    Salam, Annisa
    yikpang22@gmail.com

    No comments:

    Post a Comment

    Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih

    Xiaomi

    Windows 10

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *

    Aplikasi