Cara Mengaktifkan USB Debugging Semua versi Android (Lengkap) Beserta Pengertiannya

- Wednesday, May 30, 2018
Salah satu metode transfer antara Smartphone dengan PC ialah melalui USB, dengan usb kita bisa mengkomunikasikan, transfer file atau data, tinggal colokkan kabel data ke port usb ponsel dan pc masing-masing, lalu kedua perangkat tentu sudah akan tersambung. Di level lebih dalam lagi, jika kamu ingin mengkoneksikan ponsel dengan pc seperti contoh memodif perangkat, pembuatan aplikasi yang membutuhkan SDK atau istilahnya kamu seorang pengembang aplikasi, kamu  bisa menggunakan usb ini lebih jauh lagi, yaitu dengan mengaktfikan USB Debugging, apa itu usb debugging?

usb debugging

USB Debugging, merupakan usb mode komunikasi advanced antara Smartphone dengan PC, istilahnya mode tingkat lanjut, jadi tidak hanya untuk sekedar transfer file saja kamu bisa menggunakan lebih dalam lagi seperti yang sudah di jelaskan diatas. Dengan mode ini sistem akan mendapatkan akses super user, artinya bisa masuk ke akar sistem lebih dalam lagi. Tapi nampaknya pada dasarnya mode usb debugging sangat jarang digunakan, kecuali memang kamu ingin memodif perangkat, dan seorang developer android yang ingin mengembangkan aplikasi. Tapi tidak ada salahnya untuk mengaktifkan mode ini, karena memang juga dibanyak kasus seperti root, backup data yang dilakukan antara ponsel dan pc biasanya akan meminta pengaktifan usb debugging ini.

Tidak hanya menghubungkan antara Smartphone dan PC saja, mode ini juga berfungsi untuk pengembangan smartphone itu sendiri, seperti pengaturan lebih dalam seperti mengatur kecepatan skala animasi, mengatur warna layar rgb, menampilkan margin layar dll yang memang defaultnya tidak akan tersedia jika usb debugging tidak aktif.

Cara ini dapat kamu terapkan di semua rata-rata ponsel android, so let's go!

Android Versi 2.3

1. Buka Setelan (Settings) → Aplikasi (Applications) Development (Pengembang)  Usb Debugging (Debugging Usb)

Android Versi 4

1. Buka Setelan (Settings) → Developer Options (Opsi Pengembang)  Usb Debugging (Debugging Usb)

Android Versi 4.2 - 7.0

Nah untuk tipe versi android ini, mungkin akan sedikit rumit karena menu usb debugging sengaja disembunyikan oleh sistem, caranya?

1. Setelan (Settings)Tentang (About) biasanya rata-rata ponsel ada dibagian paling bawah, tapi dibeberapa smartphone ada dipaling atas, seperti xiaomi dengan miui 9 nya.
2. Pada menu About, tekan berulang ulang pada Build Number sampai muncul bahwa "anda telah menajdi pengembang" selanjutnya kembali ke Settings dan pilih Developer Options, centang pada Usb Debugging

Android 8.0 Oreo

Sedikti sama seperti di versi 4.2 keatas hanya saja Build Number masih ada di menu lebih dalam lagi

1. Setelan (Settings) → Sistem (System) → Tentang (About) → Informasi Perangkat Lunak (Software Information) Nomor bentukan (Build Number) tekan berulang-ulang sampai muncul "anda telah menjadi pengembang"
2. Kembali ke Setelan (Settings) → Sistem (System) Opsi Developer (Developer Options) lalu centang Aktif

usb debugging setting
usb debugging on

Seperti itu cara mengaktifkan mode Usb Debugging di semua perangkat Android, sekarang kamu sudah bisa masuk mode advanced ini. Jika memang ada menu yang berbeda kamu bisa menyesuaikan saja, karena caranya tidak jauh berbeda. 

Selanjutnya jika ingin menonaktfikannya, kalian tinggal ceklis lagi dibagian Aktif menjadi tidak aktif, dengan itu menu Opsi developer juga akan hilang.

Usb Debugging ini sebenarnya tidak terlalu diperlukan jika hanya untuk mentransfer file, jadi cukup colokkan usb saja. Kecuali seperti yang saya katakan diatas, untuk memodifikasi, pengembangan aplikasi mode ini wajib diaktifkan.

Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih
EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search