Cara Mudah Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

Cara Mudah Mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

Seperti kita ketahui bagi pengguna windows 10, bahwa sistem operasi teranyar ini membawa aplikasi foto terbarunya yaitu Photos sebagai penampil gambar, ya aplikasi inilah yang menggantikan aplikasi legend Windows Photo Viewer di windows 7. Di windows 10, secara default kamu tidak bisa lagi membuka berbagai foto dengan Windows Photo Viewer lagi, lain hal nya dengan windows 8.1 yang masih bisa digunakan dengan cara klik kanan Open with, di Windows 10 ini fitur tersebut tidak ada memang sengaja dinonaktifkan oleh sistem atau dengan kata lain dipaksa menggunakan app modern photos ini.

Modern Photos

Sebenarnya hal ini bagus, melihat pada aplikasi modern Photos terbaru secara visual memang cukup menarik  dan juga dilengkapi dengan fitur edit standar yang cukup mumpuni, seperti filter, crop, 3D dll. Tapi kemungkinan user tidak sepenuhnya menyukai dengan adanya aplikasi Photos ini, tentunya dengan berbagai alasan sendiri, pro kontra tentu ada seperti misal aplikasi Photos terbaru ini lebih unggul di editing tapi berat, sedangkan Windows Photo Viewer minim editing tapi lebih ringan dan cepat menurut sebagian orang.

Lalu pertanyaannya, apakah aplikasi legend Windows Photo Viewer ini benar tidak ada di Windows 10?

Jawabannya tidak, sebenarnya aplikasi ini masih ada hanya saja Microsoft sengaja menonaktifkan atau menyembunyikannya dari sistem ini untuk beberapa format gambar, dengan kata lain secara deafult hanya beberapa format seperti .tif dan .tiff saja yang dapat dibuka dengan aplikasi ini ( terbatas ). Lalu format seperti .jpg, . jpeg, .png, .bmp apakah bisa? Iya bisa, jangan khawatir hanya saja perlu sedikit setingan regedit saja karena memang aplikasi ini ter nonaktif secara default. Caranya ialah kalian hanya perlu mengikuti tutorial berikut dengan seksama, jadi kamu masih bisa mengembalikan Windows Photo Viewer sebagai penampil default foto pada windows 10 dan format gambar yang didukung tidak hanya .tif dan .tiff lagi, melainkan semua jenis foto akan bisa kamu lihat seperti di windows 7.

Sebenarnya cara ini ada 2 metode yang bisa kamu terapkan yaitu otomatis dan secara manual, metode otomatis kamu hanya perlu klik klik saja selesai, berbeda dengan manual, meskipun hanya perlu sedikit mengedit registri saja, tapi mungkin sedikit ribet untuk pengguna awam, jadi Saya coba buatkan yang otomatis saja, 

1. Pertama kamu copy code dibawah, lalu pastekan ke notepad, lalu save dengan nama bebas tapi wajib dengan akhiran .reg contoh ( windowsphotoviewer.reg )


script windows photo viewer

2. Jalankan file tersebut dengan cara klik 2 kali, lalu jika muncul peringatan UAC, pilih Yes. lalu jika muncul popup peringatan lagi Yes dan OK

registry
registry editor


3. Selesai, setelah itu kamu coba Open with pada gambar yang dibuka, lalu pilih more apps  lalu pilih Windows Photo Viewer, dan jangan lupa centang pada always use this app to open ... files. lalu OK
default apps

windows photo viewer

Dan ini hasilnya

windows photo viewer finish

Bagaimana mudah bukan, seperti itu cara mudah mengembalikan aplikasi legend windows photo viewer. Dengan kembalinya aplikasi ini kamu tidak akan merasa lelet lagi saat membuka foto, karena aplikasi legend ini memang sangat ringan sekali. Tapi, Jika kamu lebih memilih aplikasi yang mempunyai visual menarik dan fitur editing yang lebih sebaiknya gunakan aplikasi modern Photos saja :)

Sekian,
Admin
DNA manusia itu seperti program komputer, tapi jauh, jauh lebih maju daripada software apapun yang pernah dibuat