Aplikasi Wajib Pasang Setelah Install Ulang Windows

- Friday, March 01, 2019
Berbagai alasan orang menginstall ulang windows nya entah itu karena sistem error, corrupt, lemot, terkena virus, dan lainnya ( bahkan mugkin karena ada yang sudah kebiasaan ya 😅 ). Dengan menginstall ulang windows, kamu akan kehilangan seluruh data yang ada drive yang "tempat" nya sama dengan tempat instalasi windows, lumrahnya sistem terinstall di drive C, jadi semua data file kamu yang berada di drive tersebut seperti misal folder downloads, documents, picture, video akan terhapus, maka disarankan sebelum install ulang windows lakukan backup atau salin semua file ke drive lain misal D atau E.
Gambar oleh wnantes pada Pixabay
Selain file file, dengan menginstall ulang sistem semua aplikasi yang terpasang akan ikut terhapus semua termasuk driver. Dalam kasus ini karena aplikasi dan driver tidak bisa di backup, maka tentu akan terhapus dan harus install satu persatu lagi. Sebenarnya ada beberapa software untuk backup aplikasi yang sudah terpasang di laptop atau komputer, tetapi terkadang tidak akan berjalan maksimal dibandingkan jika kamu install satu persatu lagi dari awal, jadi lebih baik install lagi aplikasi yang dibutuhkan dari awal ya..

1. Driver
Driver merupakan aplikasi dasar yang wajib buat kamu install, karena driver ini adalah aplikasi penunjang untuk hardware agar bisa bekerja sebagaimana mestinya. Driver biasanya sudah disediakan satu paket oleh masing masing vendor berupa keping CD, disitu kamu tinggal install satu persatu driver yang sudah ada dalam cd tersebut selesai. Jika ternyata tidak include dengan CD nya, kamu bisa mendownload driver via internet saja, jadi driver paling penting yang wajib kamu install pertama ialah driver wifi jika kamu pengguna windows xp, vista dan 7 (windows 10 sudah include driver wifi), kenapa? karena jika kita ingin mendownload dan update driver tentu membutuhkan koneksi internet bukan? untuk driver wifi, bisa kamu download pake laptop lain atau hape lalu kirim ke laptop tujuan yang ingin di install. Setelah itu, untuk driver lainnya saya sarankan kamu mengunjungi situs web resmi masing-masing merk laptop atau komputer, tinggal pilih sesuai tipe nya, download satu persatu lalu install. Jika kamu tidak mau ribet Saya saran kamu bisa menggunakan aplikasi driver booster.

2. AntiVirus
Aplikasi kedua yang wajib kamu instal adalah antivirus, berguna untuk melindungi laptop atau komputer kamu sendiri. Dengan adanya antivirus tentunya agar terbebas dari berbagai serangan virus, malware, spyware dkk. Kamu bisa menggunakan antivirus gratis seperti avast, avg, mcAfee dll sebagai pilihan antivirus gratis terbaik ( pilih salah satu saja ya ). Saya sarankan juga padukan antivirus tersebut dengan antivirus Smadav, karena beberapa virus berasal dari lokal. Dengan memadukan antivirus luar dan antivirus lokal komputer kamu dijamin aman deh.. Oh iya untuk windows 10, perlukan antivirus? silahkan baca dulu artikel Saya yang ini.

3. Browser
Browser merupakan aplikasi pengakses internet, jadi kamu wajib memasang aplikasi ini. Browser terpopuler saat ini adalah Chrome, Firefox, dan Opera, kamu bisa memilih salah satu yang menurut kamu terbaik.

4. Office
Aplikasi wajib berikutnya adalah Office, hambar atau aneh rasanya jika di sebuah laptop tidak terdapat aplikasi Office 😁 Karena semua pekerjaan akan membutuh aplikasi ini, mulai dari membuka dokumen, membuat laporan, hitung menghitung dan lainnya akan membutuhkan aplikasi ini, jika tidak tentu aneh sih rasanya wkwkwk. Aplikasi Office yang Saya rekomendasikan adalah Microsoft Office, meskipun berbayar aplikasi ini merupakan aplikasi Office terbaik yang pernah ada, alternatif lain jika kalian ingin yang gratis pilih saja Libre Office, WPS dll.

5. Compression
Aplikasi selanjutnya adalah compression, aplikasi ini wajib kamu install karena berguna untuk membuka file-file arsip, berfungsi juga menaggabungkan beberap file menjadi satu arsip, selain itu juga bisa memperkecil ukuran file agar menjadi lebih ringkas. Untuk aplikasi ini Saya sarankan memakai Winrar, atau Zip. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi terbaik dalam hal kompres file, dengan Winrar kamu bisa membuka beberapa jenis type file seperti 7z, zip, jar, bahkan iso.

6. PDF Reader
Kamu wajib memasang aplikasi PDF Reader di laptop, karena berfungsi sebagai pembuka file ebook, atau file-file yang berformt .pdf. Ada banyak aplikasi pdf reader, kamu bisa mencari aplikasi pdf reader seperti adobe reader/acrobat, foxit reader dan lainnya.

7. Video Player dan Musik Player
Aplikasi wajib selanjutnya adalah video player, jika kamu ingin menonton film ataupun membuka video tentu harus memerlukan video player terlebih dahulu agar bisa terbuka. Selain itu Musik Player juga wajib di kamu install untuk membuka file-file musik/lagu. Meskipun sebenarnya di windows sudah ada aplikasi bawaan untuk memutar video dan lagu tapi masih memiliki keterbatasan. Video Player yang Saya rekomendasikan adalah VLC, selain untuk membuka video juga bisa memutar musik/lagu.

Nah itulah beberapa software yang wajib kamu install saat install ulang windows menurut Saya, dengan itu kamu akan bisa langsung bisa menggunakan laptop dan memulai pekerjaan kamu kembali. Meskipun memang sedikit memakan waktu, karena memang ini adalah hal wajib dan resiko yang harus kamu lakukan setelah install ulang sistem operasi. Selanjutnya kamu bisa menginstall aplikasi pendukung lainnya, seperti aplikasi edit video, foto, maintenance, dan lain-lain.

Sekian,
Salam, Admin

Harap centang kotak Notify me di bagian pojok kanan bawah kotak komentar untuk mengaktifkan pemberitahuan email saat kami sudah memberikan jawaban atas komentar pertanyaan Anda semua. Atau juga bisa Bookmark halaman ini saat sudah berkomentar, agar nantinya bisa di buka kembali untuk melihat jika jawaban sudah kami balas. terima kasih
EmoticonEmoticon

This Newest Prev Post
 

Start typing and press Enter to search